5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa Rantau

Ilustrasi Mahasiswa

 Penulis:Hendra Wattimena | Editor: Agnes Regina Fau

SUDUTPLAMBON.COM-Bagi kalian calon mahasiswa baru, mungkin senang lantaran sudah diterima di universitas pilihan kalian. Namun di satu sisi, tanggung jawab yang kalian pikul semakin berat. Apalagi bagi kalian para calon mahasiswa rantau di mana akan ada hal terberat yang akan kalian rasakan yaitu berpisah untuk sementara waktu dan hidup sendiri di tanah rantau yang jauh dari orang tua demi mengejar cita-cita.

Untuk yang baru pertama kalinya berpisah dengan orang tua dan merantau jauh dari rumah, pastinya bingung apa saja yang harus dipersiapkan di tempat tinggal yang baru. Kalian pastinya terus bertanya-tanya dan penasaran bagaimana nantinya kehidupan di tanah rantau. Maka dari itu, pada tulisan ini akan membagikan sedikit tips dan trik serta gambaran mengenai kehidupan sebagai mahasiswa perantau. Penasaran? Simak yuk!

1.    Pentingnya Adaptasi dengan Lingkungan Sekitar
Tempat di mana kamu berasal dengan tempatmu merantau mungkin punya budaya yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar terutama belajar mengenai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Hal yang paling penting adalah selalu menghargai budaya serta kebiasaan masyarakat setempat. Jika kamu sudah berada di tanah rantau maka bangunlah hubungan yang baik dengan masyarakat di sana. Tunjukkanlah perilaku yang baik sebagai seorang mahasiswa agar kamu disenangi.

2.    Memilih Teman
Kamu boleh bergaul dengan siapa saja. Jangan pernah membeda-bedakan! Akan tetapi, ada baiknya kamu perlu selektif dalam bergaul terutama memilih teman-teman dekat. Kamu akan bertemu dengan berbagai orang dengan beragam sifat serta kepribadian. Oleh sebab itu, jika ingin memilih teman pilihlah yang bisa menjadi support system yang baik untuk kalian. Hindari lingkungan pergaulan yang bisa membawa dampak negatif untukmu. Selain itu, kamu perlu membangun hubungan baik dengan teman-teman di kosan atau asrama tempatmu tinggal karena ketika kamu mengalami kesusahan maka mereka yang akan pertama kali menolongmu.

3.    Menjaga Kesehatan
Ketika kuliah nanti, kamu perlu memperhatikan kesehatanmu karena kamu jauh dari orang tuamu. Ketika sakit tidak ada yang bisa mengurusmu. Maka dari itu, yang utama perhatikan makan dan minum. Siapkan stok makanan serta hindari makan mie instan karena itu tidak baik bagi kesehatan. Kamu juga harus mengatur waktu tidurmu secara baik agar tidak terlalu bergadang dalam mengerjakan tugas. Jika setres dengan perkuliahan dan merasa beban pikiranmu banyak maka sesekali pergilah berwisata agar menyegarkan otakmu. Pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental bagi kalian anak perantau. Ini adalah hal pertama yang perlu kalian perhatikan dengan baik karena sakit di perantauan itu sungguh merepotkan.

4.    Jangan Boros

Uang bulanan yang diberikan orang tuamu, perlu kamu kelola secara baik. Buatlah daftar belanjaan agar menghindari membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, bergayalah dan berpakaian sesuai dengan kemampuan. Jangan pernah memaksa kehendak. Kamu datang untuk berkuliah jadi menggunakan outfit biasa-biasa saja itu tidak jadi masalah, yang penting sopan. Tidak perlu nongkrong di café untuk habiskan uang. Orang tuamu di kampung sedang bekerja keras. Maka dari itu, gunakanlah uang yang diberikan mereka sebaik-baik mungkin.

5.    Tanam Motivasi yang Kuat dalam Diri
Selalu ingat tujuan utama kamu merantau yakni untuk belajar agar dapat mengejar cita-cita. Oleh sebab itu, belajarlah yang giat dan tetap semangat agar tujuanmu bisa terwujud. Tanam dalam dirimu motivasi yang kuat, catat dalam otakmu 4 tahun lagi orang tuamu akan datang untuk melihatmu menyandang gelar sarjana. Sungguh-sungguh dalam meraih cita-citamu, bekerja dan belajarlah dengan giat karena siapa yang berusaha dengan sungguh-sungguh akan bersorak-sorai di kemudian hari menikmati pencapaiannya.
Demikian yang bisa dibagikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian para mahasiswa perantau. Tetap semangat, jangan menyerah!.


Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk " 5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa Rantau"