Cara Budidaya Labu Siam di Pekarangan Rumah, Biaya Murah Untung Melimpah

Sumber:BALIPOST.com

Pekarangan rumah merupakan areal tanah yang biasanya berdekatan dengan rumah. Biasanya pekarangan merupakan lahan kosong di pinggiran rumah yang sengaja dibiarkan oleh pemilik rumah sebagai ruang terbuka.

Pekarangan rumah sering kali ditelantarkan begitu saja menjadi lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Padahal, jika dimanfaatkan dengan baik bisa sangat bermanfaat bagi pemilik rumah bahkan bisa menghasilkan pendapatan.

Sebenarnya, masyarakat di daerah pedesaan sering kali menggunakan kawasan pekarangan untuk budidaya sayuran atau dijadikan apotek hidup. Namun, sering waktu kebiasaan ini sudah mulai ditinggalkan bahkan banyak pekarangan di pedesaan justru tidak dimanfaatkan, dibiarkan terlantar dan gersang.

Daripada pekarangan rumah dibiarkan gersang, ada baiknya digunakan untuk membudidaya sayuran, salah satunya dengan membudidaya labu siam.

Budidaya labu siam bisa dibilang susah-susah gampang, lantaran sering kali dalam proses budidaya banyak terjadi kegagalan akibat benih yang ditanam tidak tumbuh dengan baik. Namun, jika sudah tahu cara budidayanya kita akan lebih mudah dalam proses budidaya dan tidak takut terjadinya kegagalan.

Disamping itu, dalam proses budidaya labu siam tidak mengeluarkan biaya yang begitu mahal dan tidak perlu menggunakan pupuk. Cukup dirawat dengan baik saja.

Labu siam atau disebut dengan jipang merupakan tanaman dari suku labu-labuan yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini akan merambat atau agak memanjat pada media lain, misalnya pada pohon atau para-para yang disediakan oleh petani karena buahnya menggantung dari tangkai.

Dalam proses budidaya labu siam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, apabila hendak menanam benih sebaiknya carilah benih labu siam yang sudah jatuh dari pohonnya di tanah dan sudah sedikit keluar tunas sekitar 3-5 cm. Jika benih yang diambil sudah berakar, maka baiknya dicabut beserta tanah yang ada di sekitar benih tersebut.

Dalam proses budidaya yang penting diperhatikan adalah media untuk labu siam. Biasanya labu siam merambat dan berbuah, maka dari itu buatlah para-para dari kayu hidup agar labu bisa merambat pada kayu tersebut. Buat kayu menyilang dan berbaris.

Tanam pada setiap baris dua sampai 3 anakan labu siam. Sebelum tanam, gali lubang sedikit kemudian masukkan anakan labu siam ke dalam lubang tersebut. Ingat, jangan sampai menutup bagian keseluruhan buah labu siam tapi sisakan ½ dari keseluruhan buah labu agar tidak tertutup tanah.

Jika pucuk dari labu siam mulai tumbuh, maka silahkan lingkarkan pucuk tersebut mengikuti kayu yang tadi dibuat agar labu siam tumbuh mengikuti kayu tersebut.

Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Labu Siam di Pekarangan Rumah, Biaya Murah Untung Melimpah"