Seputar Permasalahan Pendaftaran KIP-Kuliah Tahun 2023 dan Cara Mengatasinya

Sumber: bintangsekolahindonesia

SUDUTPLAMBON-Hallo kawan-kawan maba yang saat ini hendak mendaftaran beasiswa KIP-Kuliah, apakah kalian mengalami kendala saat proses pendaftaran? Jika mengalami kendala maka sudutplambon punya 1001 solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tentu permasalahan yang dihadapi dalam proses pendafatran KIP-Kuliah sangat meresahkan maka dari itu alangkah baiknya simak penjelasan berikut ini hinga selesai.

Selain itu dalam penjelasan artikel ini bakal menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman seputar KIP-Kuliah.

1. Apakah KIP-Kuliah Gratis?

KIP-Kuliah menyediakan pendanaan tanpa biaya pendaftaran. Pendidikan diberikan kepada perguruan tinggi secara gratis.

Selain itu, ada subsidi biaya hidup yang diberikan, sebesar Rp700.000 per bulan, yang disesuaikan dengan biaya hidup di daerah masing-masing. 

Jika ada yang menarik biaya di luar ketentuan tersebut, pendaftar, penerima, atau calon pendaftar dapat melaporkan hal tersebut ke Helpdesk KIP Kuliah.

2. Kapan Pengumuman Penerima KIP-Kuliah?

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang ditawarkan kepada para mahasiswa yang lolos seleksi masuk PT. Setelah mendaftar ulang, mereka akan diperiksa untuk memastikan bahwa mereka layak untuk menerima KIP-Kuliah.

Selama proses pendaftaran, semua pendaftar KIP-Kuliah yang mematuhi prosedur tidak akan dikenakan biaya daftar ulang atau biaya pendidikan lainnya.

3.Jika terverifikasi tidak layak dalam mendaftar KIP-Kuliah apa yang terjadi?

Sebagai mahasiswa yang bersangkutan, jika anda tidak layak menerima KIP-Kuliah karena mampu secara ekonomi, berbagai kemungkinan akan terjadi.

 Kecurangan atau kelalaian ringan yang tidak disengaja tidak akan mengakibatkan pembatalan status sebagai penerima KIP-Kuliah, tetapi pengisian data yang tidak benar secara sengaja atau pemberian bukti pendukung yang tidak sah dapat mengakibatkan pembatalan status.

Selain itu, laporan dari masyarakat, seperti orang tua yang pergi umroh setiap tahun, juga dapat memicu verifikasi ulang oleh perguruan tinggi terkait.

4.Mengapa Online berubah Menjadi Pilihan?

Pendaftaran KIP Kuliah telah dibuat tersedia secara online untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang di seluruh negeri. 

Harapannya, hal ini akan mengurangi diskriminasi terhadap akses pendaftaran program ini. Namun, dengan menggunakan sistem rekayasa gambar, terdapat kemungkinan data palsu yang dapat terjadi. Jika ada yang mengetahui keadaan ini, silahkan melaporkan ke Helpdesk KIP Kuliah, sebagai kanal aduan resmi kami.

5.NISN Tidak Terdaftar

Beberapa alasan yang mungkin menyebabkan NISN tidak terdaftar yaitu: NISN yang dicantumkan saat pendaftaran berbeda dengan NISN yang tercatat di Dapodik Kemendikbudristek, siswa tersebut berasal dari sekolah dengan NPSN yang berbeda karena masih berjenjang SMP, pindah sekolah tetapi NPSN belum diperbarui, siswa tersebut bukan lulusan 2021, 2022, atau 2023, siswa tersebut tidak memiliki NISN karena belum melalui proses pendaftaran atau pengisian data di Dapodik Kemendikbudristek.

Cara mengatasinya bisa baca pada artikel berikut Baca di Sini

6.Email Reset Pasword Tidak Terkirim

Beberapa alasan mengapa reset kode akses email tidak diterima: folder spam mungkin telah menyaringnya; email yang dikirim mungkin tidak terdaftar atau salah; email provider mungkin menolak email yang dikirim oleh Sistem KIP-Kuliah; folder inbox penerima mungkin penuh. Anda dapat mengajukan permintaan pengiriman ulang email konfirmasi di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email atau bertanya ke Helpdesk KIP-Kuliah dengan menyertakan NISN, NPSN dan alamat email yang valid.

7.Salah menginput alamat email saat proses pendaftran

Jika terjadi kesalahan saat menginputkan alamat email-mu, sehingga kamu tidak mendapatkan nomor pendaftaran dan password untuk KIP Kuliah Merdeka, silakan minta akun kembali dengan mengunjungi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/claim-account dan memberikan alamat email yang benar.

8. Foto Tidak Bisa di masukan

Itu karena ukuran foto anda terlalu besar. Silakan baca artikel berikut ini untuk cara mengatasinya. Baca di Sini

Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk "Seputar Permasalahan Pendaftaran KIP-Kuliah Tahun 2023 dan Cara Mengatasinya"