Custom Giftt: Usaha Kekinian Rintisan Mahasiswa Teknik Industri Unpatti

 


SUDUTPLAMBON.COM-Seringkali kita merasa kebingungan ketika ingin memberikan sesuatu berupa hadiah sebagai ungkapan cinta dan sayang maupun sebagai bentuk apresiasi kepada pencapaian seseorang. Namun, sayangnya hadiah yang biasa dijual di pasar hanya itu-itu saja.

Masalah ini juga dirasakan oleh Feronika Gerlani dan Alan Tualepe, mahasiswa Teknik Industri Universitas Pattimura, yang kemudian menjadikan persoalan yang ada sebagai peluang bisnis untuk merintis usaha di bidang "gift".

@custom.gift.

Inovasi usaha yang dirintis tersebut muncul dari melihat tren mahasiswa masa kini yang sering memberikan hadiah untuk kerabatnya yang sukses saat ujian akhir sebagai ucapan selamat. Selain itu, adanya banyak perguruan tinggi di kota Ambon membuat ide usaha yang mereka punya memiliki potensi pasar yang menjanjikan dan semakin diminati.

Usaha yang mereka berdua rintis sejak 2022 silam itu kini sudah berjalan hampir 1 tahun, dengan omset yang lumayan. Produk yang mereka buat tersebut biasanya dipasarkan lewat media sosial.

@custom.gift.

Berjalannya waktu, lewat bantuan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Unpatti periode 2022/2023 yang melihat peluang bisnis yang menjanjikan dari usaha yang dirintis kedua mahasiswa tersebut, kemudian usaha mereka direkomendasikan ke pihak kemahasiswaan untuk mengikuti program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2023.

Inovasi bisnis yang keduanya tawarkan tersebut berhasil mendapatkan pendanaan berupa bantuan modal usaha lewat program Mahasiswa Wirausaha 2023 dari pihak Universitas Pattimura.

@custom.gift.

Selain itu, keduanya mengajak tiga teman mereka dari program studi yang sama untuk mengembangkan wirausaha tersebut yang diberi nama Custom Giftt.

"Sesuai namanya, produk gift yang kami buat dapat disesuaikan dengan pesanan pelanggan, jadi kami sediakan beragam varian Gift mulai dari bingkai Akrilik, Akrilik LED sketsa, Akrilik LED tulisan, Akrilik kayu sketsa, Akrilik kayu tulis, dan berbagai jenis bucket," jelas salah satu anggota.

Harga yang mereka tawarkan untuk produk mereka tentunya sesuai dengan kantong mahasiswa, berkisar dari Rp 30.000 hingga Rp 200.000. Dengan harga semurah itu, kalian sudah bisa mendapatkan produk yang diinginkan. Salah satu produk andalan mereka adalah Gift dengan bahan dasar akrilik, yang terbilang unik dan menarik.

Sumber: Ig @custom.gift.

Menurut mereka, produk gift dengan bahan akrilik ini terbilang langkah khususnya di kota Ambon. "Pada bulan-bulan tertentu, mahasiswa akan menyelesaikan ujian skripsi. Jadi, ada peluang yang dapat kami manfaatkan. Kalau buket bunga banyak orang sudah buat. Maka dari itu, kami ingin menyediakan sesuatu yang lebih inovatif dan menarik sehingga memiliki nilai keunikan tersendiri sehingga akan berbeda dari lainnya," jelas mereka.

Ke depannya, mereka berharap usaha yang mereka rintis ini bisa meluas. Selain itu, produk yang mereka punya akan terus dibuat inovasi yang lebih kekinian agar menambah variasi gift yang tersedia. Mereka juga berencana untuk nantinya produk yang mereka miliki dapat dipasarkan di beberapa marketplace suatu saat nanti. Saat ini, produk yang mereka buat dapat dipesan langsung lewat Instagram @custom.gift.

Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk "Custom Giftt: Usaha Kekinian Rintisan Mahasiswa Teknik Industri Unpatti"