Jangan Asal Ikut Program Pertukaran Merdeka, Perhatikan Ini Terlebih Dahulu

Sumber: pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

SUDUTPLAMBON.COM-Salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk kegiatan pertukaran budaya serta mengikuti kegiatan pembelajaran di kampus lain yakni program pertukaran Merdeka.

Bagi sebagian mahasiswa, program ini menarik untuk diikuti karena dapat menambah pengalaman baru di kampus lain selama satu semester sekaligus bisa jalan-jalan gratis.

Akan tetapi, sebelum kalian memutuskan diri untuk mengikuti program yang satu ini, ada baiknya kalian memperhatikan beberapa hal sebelum memilih kampus tujuan kalian.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu mahasiswa perhatikan sebelum memilih perguruan tinggi untuk mengikuti program pertukaran Merdeka.

Pertama yang perlu diperhatikan, jangan pernah sembarangan memilih perguruan tinggi untuk mendaftar program pertukaran Merdeka.

Kamu perlu mempertimbangkan keunggulan program studi atau kampus tempat kamu pilih untuk mengikuti kegiatan pertukaran.

Program studi yang kamu pilih usahakan memiliki akreditasi dan keunggulan lebih dari program studi di kampus asalmu. Selain itu, jika kamu memilih mata kuliah di program studi lain pada kampus tujuanmu, maka kamu harus lihat terlebih dahulu mata kuliah itu benar-benar tidak ada di program studi asalmu agar kamu dapat mengetahui ilmu baru yang sejalan dengan bidang ilmumu.

Hal ini menjadi penting, karena mengikuti kegiatan pertukaran Merdeka bukan sekadar pergi saja. Akan tetapi, ketika kamu pulang dari lokasi pertukaranmu, kamu harus mendapatkan pengetahuan baru terkait disiplin ilmu yang kamu pelajari.

Jangan Asal Pilih Kampus Unggulan

Di benak kalian ketika ingin memilih prodi tujuan untuk mengikuti program ini, tentunya kalian pertama akan melihat terlebih dahulu perguruan tinggi yang ingin dituju.

Biasanya, ketika melihat kampus yang telah memiliki nama besar, kalian langsung tertarik untuk mengambil kampus tersebut.

Akan tetapi, seperti yang sudah dibahas di atas, keunggulan program studi lah yang perlu diperhatikan. Karena belum tentu kampus tujuan unggul, akan tetapi program studi yang dipilih lebih bagus dari prodi asalmu.

Karena bisa saja prodi asalmu memiliki kualitas atau akreditasi yang lebih baik dari prodi tujuan pertukaranmu.

Jadi, alangkah baiknya jangan memilih jika prodi dari kampus tujuanmu memiliki kualitas di bawah prodi asalmu. Karena sama saja sia-sia mengikuti pertukaran dengan tujuan ingin mendapatkan ilmu yang baru, malah kamu ketinggalan dengan kondisi prodi di kampus pilihanmu yang bisa-bisa saja.

Mungkin itu saja beberapa hal yang perlu diperhatikan, semua kembali tergantung pada pilihan kalian masing-masing.






Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk " Jangan Asal Ikut Program Pertukaran Merdeka, Perhatikan Ini Terlebih Dahulu"