Kupas Tuntas Penyusunan Metode Penelitian di Bidang Kesehatan


djkn.kemenkeu.go.id

SUDUTPLAMBON.COM-
Dalam penelitian bidang kesehatan, tentu sebagai peneliti, kita tidak sembarangan memilih metode penelitian yang digunakan. Kita perlu memahami terlebih dahulu bagaimana relevansi antara penelitian yang ingin kita lakukan dengan metode yang hendak kita pakai. Metode penelitian ibarat mesin yang bertujuan untuk menghasilkan sesuatu di akhir, yaitu laporan, artikel ilmiah, atau karya ilmiah lainnya.

Metode penelitian biasa disebut sebagai cara yang hendak digunakan dalam penelitian di mana akan tercermin proses atau tahapan-tahapan secara teknik dan operasional dari penelitian yang hendak dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan metode penelitian di bidang kesehatan.

A. Jenis Penelitian

Bagian ini harus dijabarkan apa jenis penelitian yang hendak dilakukan atau metode seperti apa yang peneliti usulkan.

B. Lokasi Penelitian

Jabarkan secara singkat lokasi atau tempat di mana kamu melakukan penelitian, dengan begitu kamu akan sekaligus membatasi ruang lingkup penelitian yang akan dilakukan. Dalam bagian ini, kamu harus menjelaskan letak administrasi penelitianmu, misalnya provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, atau tingkat institusi tertentu: sekolah, rumah sakit, atau puskesmas.

C. Populasi dan Sampel

Jika berbicara soal populasi penelitian, kita akan berbicara terkait keseluruhan objek yang hendak kita teliti. Sedangkan untuk objek yang mewakili populasi yang hendak kita teliti, itulah yang kita kenal dengan sampel. Misalnya, penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit A, dengan objek yang akan diteliti yaitu pasien demam berdarah, jadi bisa kita simpulkan seluruh pasien di rumah sakit A merupakan populasi, dan pasien demam berdarah di rumah sakit tersebut adalah sampel penelitian.

D. Metode Pengumpulan Data

Data yang akan dikumpulkan perlu menggunakan beberapa metode. Biasanya peneliti tidak hanya menggunakan satu metode pengumpulan data. Misalnya, ada metode wawancara, observasi, survei, dll.

E. Instrumen Penelitian

Dalam mengumpulkan data, tentunya ada alat dan bahan yang digunakan, ini yang kemudian kita kenal dengan instrumen penelitian. Instrumen penelitian dapat berupa kuesioner, formulir observasi, formulir-formulir lainnya yang berkaitan dengan pencatatan data dan sebagainya.

F. Analisis Data

Ketika semua data telah terkumpul untuk mendapatkan hasil penelitian, maka peneliti perlu melakukan analisis data. Di mana proses analisis memerlukan metode yang dapat memberikan hasil penelitian yang akurat.


Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk " Kupas Tuntas Penyusunan Metode Penelitian di Bidang Kesehatan"