Mahasiswa PWK Unpatti Lolos Finalis LKTI Nasional 2023, Usung Konsep Ekowisata Berbasis Mitigasi Bencana



SUDUTPLAMBON.COM-
Lima Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Pattimura berhasil lolos sebagai finalis pada LKTI Nasional Neira Competition Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sentosa Foundation dan Universitas Banda Naira.

Mereka terdiri dari Excellion Soplero sebagai ketua tim, Aisyah Putri Alkatiri, Febyanti Rianekuay, Dwi Putri Naslewan, dan Andri S. Munthe.

Melalui proses seleksi yang ketat, tim yang mengusung judul LKTI PENGEMBANGAN KAWASAN MANGROVE DENGAN KONSEP EKOWISATA BERBASIS MITIGASI BENCANA DI NEGERI WAAI berhasil melaju ke tahap final yang akan dilaksanakan secara offline di Banda Neira pada 25 Mei 2024.

Ketika diwawancarai oleh media, Excellion Soplero sebagai ketua tim menjelaskan gagasan yang mereka usung berkaitan dengan pengembangan kawasan wisata mangrove yang berbasis mitigasi bencana.

"Tim kami memilih kawasan mangrove sebagai objek ekowisata karena dianggap paling menarik. Mangrove bukan hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga berfungsi sebagai alat mitigasi bencana seperti abrasi, gelombang kencang, badai, bahkan tsunami. Penggunaan konsep ekowisata dipilih karena ekowisata melibatkan unsur-unsur seperti konservasi, edukasi, dan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Soplero juga menjelaskan bahwa dengan memilih perencanaan dan pengembangan wisata mangrove, tujuan konservasi dapat tercapai mengingat manfaat mangrove yang signifikan dalam aspek fisik, ekonomi, dan sosial. Selain itu, edukasi juga dapat tercapai dengan menyampaikan informasi tentang manfaat besar mangrove. Partisipasi masyarakat menjadi penting dalam konteks ini, di mana melalui wisata ini, masyarakat dapat terlibat mulai dari tahap perencanaan hingga tahap evaluasi.

"Ekowisata juga memiliki keunggulan dalam menyajikan kekayaan budaya lokal. Oleh karena itu, kami akan menggabungkan unsur budaya setempat dalam perencanaan, seperti fasilitas dan site plan, untuk menciptakan pengalaman wisata yang berkesan dan menghormati keberagaman budaya setempat," tutup Soplero.

Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk "Mahasiswa PWK Unpatti Lolos Finalis LKTI Nasional 2023, Usung Konsep Ekowisata Berbasis Mitigasi Bencana"