Materi Perencanaan Wilayah dan Kota: Pengantar Ilmu Ekonomi Wilayah

Ilustrasi (Foto: Okezone)

SUDUTPLAMBON.COM-Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas salah satu materi dalam mata kuliah pengantar ekonomi wilayah, yang merupakan salah satu mata kuliah penting dalam program studi perencanaan wilayah dan kota.

Materi yang akan dibahas di sini mengambil referensi dari buku berjudul "Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi" karya Drs. Robinson Tarigan, M.R.P. Buku ini secara lengkap membahas materi ekonomi regional/wilayah.

Pengertian Ilmu Ekonomi Wilayah

Berbicara tentang ilmu ekonomi, kita akan membahas bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, yang ketersediaan atau kemampuannya untuk mendapatkannya sangat terbatas.

Sekarang, apa itu ekonomi wilayah? Berbicara tentang ekonomi wilayah, orang-orang biasanya menyebutnya ekonomi regional, yakni cabang ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur perbedaan potensi suatu wilayah dengan wilayah lain.

Perlu diketahui, ilmu ekonomi wilayah tidak membahas kegiatan individu, melainkan menganalisis suatu wilayah atau bagian dari wilayah secara menyeluruh dengan melihat berbagai wilayah dengan potensi yang beragam dan bagaimana mengatur kebijakan tersebut yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah.

Tujuan Ilmu Ekonomi Wilayah

Sebenarnya, tidak jauh berbeda tujuan ilmu ekonomi dengan ilmu ekonomi wilayah. Menurut Ferguson (1965), tujuan utama kebijakan ekonomi ada tiga, yaitu Full Employment, Economic Growth, dan Price Stability.


1. Menciptakan Full employment atau setidaknya menekan angka tingkat pengangguran serendah-rendahnya menjadi tujuan pokok pemerintah pusat maupun daerah.

2. Adanya Economic growth (pertumbuhan ekonomi), karena selain menyediakan lapangan kerja untuk masyarakat, kita juga perlu memperbaiki kehidupan manusia atau meningkatkan pendapatan.

3. Terciptanya Price Stability (stabilitas harga). Dengan terciptanya stabilitas harga di pasar, masyarakat akan merasa aman dan tentram. Harga yang naik turun alias tidak stabil akan menganggu ketentraman masyarakat.

Manfaat Ilmu Ekonomi Wilayah

Ada dua manfaat dari ilmu ekonomi wilayah secara umum, yaitu manfaat secara makro dan manfaat secara mikro.

Berbicara tentang manfaat makro, kita akan membahas bagaimana pemerintah pusat dapat menggunakan ilmu ekonomi wilayah untuk mempercepat laju pertumbuhan dari keseluruhan wilayah.

Sedangkan untuk manfaat mikro, yaitu bagaimana Ilmu Ekonomi Regional dapat membantu dalam proses perencanaan wilayah untuk menghemat waktu dan biaya dalam proses menentukan lokasi suatu kegiatan atau proyek.


Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk "Materi Perencanaan Wilayah dan Kota: Pengantar Ilmu Ekonomi Wilayah"