Si Paling Organisasi, Tapi Tetap Berprestasi: Begini Kisah Angel Siahaya Lulusan Terbaik Fatek Unpatti Periode Desember 2023


SUDUTPLAMBON.COM-
Rapat terbuka luar biasa senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura dalam rangka yudisium dan penggelaran sarjana periode Desember 2023 berlangsung di Ruang Kuliah Umum Lantai II Fakultas Teknik (15/12/2023). 

Fakultas Teknik Universitas Pattimura dalam kegiatan Yudisium dan Penggelaran Sarjana telah meluluskan 157 Mahasiswa sarjana Teknik (ST) dan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (S.PWK). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota Senat Fakultas Teknik, Seluruh Civitas di tingkat Fakultas, Rohaniawan, dan orang tua dari para lulusan.

Pada pelaksanaan yudisium kali ini, Angel Marsenda Siahaya S.PWK menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknik dengan indeks prestasi kumulatif tertinggi. Dengan judul skripsi “Rencana Pengembangan Kawasan Telaga Tihu Menjadi Kawasan Ekowisata Berbasis Community Based Tourism (CBT) di Negeri Suli,” skripsinya tersebut dibimbing oleh Stevianus Titaley, ST., M.Si sebagai Pembimbing I dan Dr. Ir. Renoldy L. Papilaya, MP sebagai Pembimbing II. 

Sumber: Humas Unpatti

Angel berhasil lulus dengan masa studi 4 tahun 3 bulan dari program studi perencanaan wilayah dan kota dengan IPK 3,90. Sebagai lulusan terbaik, ia diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan mewakili para lulusan. 

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menitip pesan kepada teman-teman para peserta yudisium sekalian. Jadikan ini sebagai suatu awal lembaran baru perjuangan kehidupan kita, teman-teman,” ujarnya. 

“Karena sesungguhnya kita punya dua pilihan setelah ini, be a leader or be a followership, be a winner or be a loser, be a fighter or be a loser. Mari raih semua mimpi kita, Mari melangit dengan hati yang membumi,” tutup Angel.

Si Paling Organisasi, Tapi Tetap Berprestasi
Sumber: Istimewa

Sejak kuliah di Fakultas Teknik pada 2019 silam, Angel begitu aktif mengikuti berbagai organisasi dan kepanitiaan. Ia saat ini masih menjabat aktif sebagai bendahara komisariat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Fakultas Teknik Unpatti. 

Selain sebagai kader GMKI selama kuliah, Angel juga aktif dalam kegiatan organisasi intra kampus baik sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi dan pernah menjabat sebagai Ketua Komisi I Penalaran dan Keilmuan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fatek (DPMF) Unpatti Periode 2022/2023.

Lewat komisi yang dia pimpin di DPMF, ia berhasil meningkatkan prestasi mahasiswa Fakultas Teknik di bidang penalaran dan keilmuan hingga sampai di tingkat Nasional. Di akhir masa jabatannya, ia diberikan penghargaan sebagai Ketua Komisi terbaik karena pencapaianya. Tak sampai di situ, Angel juga aktif dalam kegiatan baik di gereja dan masyarakat, salah satunya ia aktif pada komunitas The Mulung yang bergerak di bidang lingkungan.


Sumber: Istimewa

Di sela-sela kesibukannya mengikuti berbagai macam organisasi, perempuan kelahiran 2001 itu memiliki prestasi yang membanggakan di berbagai bidang. Di mana ia berhasil memenangkan berbagai kompetisi baik di tingkat lokal maupun nasional. Saat diwawancarai media, Angel memberikan beberapa tips dan trik agar menjadi mahasiswa yang produktif dan bisa terus berprestasi. Menurutnya, mahasiswa perlu pintar-pintar mengatur waktu dengan menetapkan prioritas.

Sumber: Istimewa

“Buat reminder untuk menjemput hari yang akan datang. Kita perlu diingatkan untuk bergerak, walau diingatkan oleh diri sendiri hehe. Tentu yang paling utama soal mengatur waktu ini adalah pengorbanan. Berani memutuskan, berani bertanggung jawab. Berani terjun, berani menyelesaikan. Jadi sering sekali begadang untuk mengerjakan hal-hal penting yang perlu konsentrasi tinggi,” jelasnya.


 “Yang paling penting, tekun, itu saja. Planningmu akan sesuai schedule jika diiringi dengan niat dan tekad yang besar. Berkorban itu pasti ada dalam setiap perjalanan menjemput mimpi kita. Jadi jangan menyerah jika tersandung, bahkan terjatuh,” tambah Angel.

Kisah dan pencapaian Angel selama kuliah ini patut menjadi motivasi bagi mahasiswa yang sedang berjuang. Dengan pencapaiannya ini, Angel mampu memutus stigma bahwa ikut organisasi dan mengikuti banyak kegiatan selama kuliah akan menghambat proses kuliah.

 Nyatanya, walaupun jadi si Paling Organisasi, Angel mampu menyelesaikan studi dengan prestasi yang mentereng. Karena baginya, selain belajar di kelas, mahasiswa juga perlu mengasah skill dan kemampuannya di luar kelas lewat aktivitas yang positif di organisasi agar dapat berdampak kepada masyarakat luas.

Sudut Plambon
Sudut Plambon Media mahasiswa yang fokus membagikan artikel seputar dunia mahasiswa dan juga berita terkini

Posting Komentar untuk " Si Paling Organisasi, Tapi Tetap Berprestasi: Begini Kisah Angel Siahaya Lulusan Terbaik Fatek Unpatti Periode Desember 2023"